Self Talk Membentuk Karakter Kepribadian Anda

5 Cara Meningkatkan Self Esteem untuk Kesehatan Mental yang Lebih Baik -  IndoPositive - Bahas Psikologi Sehari-Hari 
 
Seumur hidup ini, siapakah orang yang paling banyak bicara kepada kita?

Ya kita sendiri!

Coba perhatikan saat kita berpikir, bukankah kita bertanya kepada diri sendiri, menjawab diri sendiri, bahkan menghakimi diri sendiri? Saat orang lain membuat kita sedih, kita bertanya mengapa ya dia tega berbuat seperti itu? Apa ya salah saya? Mengapa ya dia tidak mau berubah? dan segala macam pertanyaan di dalam kepala.

Menurut banyak pakar Neuro Linguistik Programming (NLP), ’self-talk’ inilah yang akan membentuk siapa diri kita di masa mendatang. Dengan mewaspadai ’self-talk’ ini kita bisa meningkatkan secara dramatis kemampuan kita.

Anggap misalnya anda sedang mendapat musibah. ‘Self-talk’ anda mungkin didominasi pertanyaan : mengapa dia begini, mengapa begitu, kenapa aku yang kena, dsb. Ini jelas pernyataan yang negatif dan memperburuk keadaan.


Coba ubah sedikit menjadi : bagaimana aku sebaiknya bersikap, bagaimana aku bisa lebih baik, bagaimana agar aku bisa pengaruhi dia, dsb. Sedikit mengubah dari ‘mengapa’ menjadi ‘bagaimana’ akan membuat jawaban pikiran kita menjadi jauh lebih positif.

Jadi siapa sih yang sebenarnya membentuk diri kita ini? Orang tua, guru, buku, pacar, atau kita sendiri? Oh ya, sekarang self-talk anda sedang ngomong apa kepada anda?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar