Motivasi calon pembeli penting untuk diketahui orang seorang sales. Dalam sebuah pelatihan selling skill, terlontar pertanyaan seperti berikut :
Saya adalah seorang sales yang menjual Mesin Absensi Tangan. Bagaimana yah cara saya yang efektif untuk bisa closing dalam menjual di Perusahaan Z?
Kalau pertanyaannya seperti ini kita harus tanya balik. Tanya alasan kenapa perusahaan itu tertarik membeli mesin absensi tangan. Pertanyaannya bisa seperti ini :
Boleh
saya tahu, apa sih alasan pimpinan Perusahaan Z tersebut tertarik
dengan product absen tangan?”
Terus jawabannya semisal adalah, supaya absensi tertib dan karyawan tidak suka bolos atau datang terlambat. Berarti pimpinan perusahaan tersebut memiliki motivasi menjauh, Nah tipikal menjauh seperti ini, sangat efektif kalau
dilobi dengan cara “menakuti” atau menyampaikan kerugian apa saja yang
akan diderita perusahaan jikalau perusahaan ini tidak menggunakan
produk finger print
Sahabat semua,
dalam dunia Bisnis, memang sudah menjadi tuntutan bagi
para sales masa kini untuk dapat mengenal Calon Pembelinya dengan
baik. Diantara yang harus dikenal dari para calon pembeli diantaranya
adalah Motivasi mereka Membeli
Motivasi Membeli dalam dunia selling sebenarnya cukup banyak namun
dalam kesempatan kali ini saya hanya akan menyampaikan 2 tipe motivasi
yang sering dikenal yaitu :
1. Motivasi Menjauh – Mendekat
Menjauh artinya motivasi yang terjadi karena kekhawatiran sang pembeli ketika tidak mendapatkan barang tersebut
Mendekat artinya motivasi membeli yang terjadi dimana sang pembeli
berharap dengan membeli barang tersebut akan memberikan banyak manfaat
2. Motivasi Internal – Eksternal
Internal : artinya motivasi yang berasal dari diri sendiri
Eksternal : artinya motivasi yang berasal dari orang lain
Setelah kita mengenal motivasi membeli dari sang calon membeli,
tentunya akan mudah bagi kita mengarahkan dan menonton calon pembeli
ini menuju closing, kan?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar