Mengenal Motivasi Calon Pembeli (HypnoSelling)

Motivasi calon pembeli penting untuk diketahui orang seorang sales. Dalam  sebuah pelatihan selling skill, terlontar pertanyaan seperti berikut :

Saya adalah seorang sales yang menjual Mesin Absensi Tangan. Bagaimana yah cara saya yang efektif untuk bisa closing dalam menjual di Perusahaan Z?

Kalau pertanyaannya seperti ini kita harus tanya balik. Tanya alasan kenapa perusahaan itu tertarik membeli mesin absensi tangan. Pertanyaannya bisa seperti ini :

Boleh saya tahu, apa sih alasan pimpinan Perusahaan Z tersebut tertarik dengan product absen tangan?”

Terus jawabannya semisal adalah, supaya absensi tertib dan karyawan tidak suka bolos atau datang terlambat. Berarti pimpinan perusahaan tersebut memiliki motivasi menjauh, Nah tipikal menjauh seperti ini, sangat efektif kalau dilobi dengan cara “menakuti” atau menyampaikan kerugian apa saja yang akan diderita perusahaan jikalau perusahaan ini tidak menggunakan produk finger print



Sahabat semua,
dalam dunia Bisnis, memang sudah menjadi tuntutan bagi para sales masa kini untuk dapat mengenal Calon Pembelinya dengan baik. Diantara yang harus dikenal dari para calon pembeli diantaranya adalah Motivasi mereka Membeli

Motivasi Membeli dalam dunia selling sebenarnya cukup banyak namun dalam kesempatan kali ini saya hanya akan menyampaikan 2 tipe motivasi yang sering dikenal yaitu :

1. Motivasi Menjauh – Mendekat
Menjauh artinya motivasi yang terjadi karena kekhawatiran sang pembeli ketika tidak mendapatkan barang tersebut

Mendekat artinya motivasi membeli yang terjadi dimana sang pembeli berharap dengan membeli barang tersebut akan memberikan banyak manfaat

2. Motivasi Internal – Eksternal
Internal : artinya motivasi yang berasal dari diri sendiri
Eksternal : artinya motivasi yang berasal dari orang lain

Setelah kita mengenal motivasi membeli dari sang calon membeli, tentunya akan mudah bagi kita mengarahkan dan menonton calon pembeli ini menuju closing, kan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar