Pembukaan untuk Pembukaan Agar Presentasi Memikat

4 Tips Presentasi, Dijamin Sukses dan Lancar 
 
Ada dua macam pembukaan dalam presentasi. Yang pertama saya sebut sebagai “pembukaan untuk pembukaan” – yaitu komentar yang berhubungan dengan pembukaan sebelumnya. Pembukaan presentasi yang kedua memperkenalkan topik Anda. Kadangkala, keduanya dapat digabung secara halus dan lancar.

Tujuan utama pembukaan presentasi adalah untuk menarik perhatian audiensi. Lihatlah betapa jaringan televisi menghabiskan banyak waktu dan uang hanya untuk menarik perhatian pemirsanya. Untuk tajuk berita yang menawan, tayangan yang mempesona, nuansa musik, dan pengarah acara berita yang menarik dan memikat agar Anda tetap menonton pertunjukan berikutnya. Mirip dengan itu semua, Pembukaan presentasi yang Anda ciptakan untuk presentasi bisa saja memikat atau bahkan membosankan audiensi.

Pentingnya Pembukaan Presentasi
Pembukaan presentasi Anda harus dapat langsung melibatkan pendengar. Mereka akan mau mendengarkan Anda hanya jika mereka berpikir Anda dapat membantu, menghibur, atau memberi informasi kepada mereka. Untuk itu, Anda harus langsung membangun kredibilitas. Mengapa mereka harus mendengarkan Anda? Seberapa sama (atau beda) Anda dengan mereka? Apa yang menentukan kemampuan Anda untuk berbicara mengenai topik tersebut? Pembukaan presentasi menentukan keseluruhan arah presentasi dan memberi petunjuk kepada pendengar apa yang akan segera terjadi dan mengapa mereka harus mendengarkan.

Dalam sebuah “pembukaan untuk pembukaan”, Anda dapat melakukan satu atau beberapa hal berikut ini:

Menanggapi pembukaan orang lain yang membuka presentasi terlebih dahulu. “Saya sangat menghargai komentar Anda atas …………… 

Membuka diri terhadap sesuatu dalam pribadi Anda. “Karena Bill mengemukakan almameter universitas dalam komentarnya sebelum ini, saya yakin Anda tidak tahu bahwa saya …………..

Beri komentar atas kejadian yang istimewa. “Saya ucapkan selamat untuk perayaan 25 tahun dalam pelayanan medis Anda kepada masyarakat.” (Sebuah pernyataan tepat yang hangat akan membangkitkan semangat audiensi).

Ingat sebuah tanggal atau peristiwa khusus. “Bulan ini menandai peringatan tahun kedua kemitraan perusahaan kita. Kita telah menyaksikan perubahan dalam….” (Sebuah pengalaman yang biasa, yang dialami bersama membangkitkan perasaan positif pendengar.)

Berilah pujian kepada pendengar presentasi. “Banyak di antara Anda yang telah meluangkan dua hari belakangan untuk pertemuan ini dengan mengorbankan jadwal pekerjaan Anda masing-masing” atau “Saya mengucapkan terima kasih telah mengundang saya bergabung dengan Anda dalam turnamen golf tahunan Anda.” (Ini semua membuat audiensi diselimuti perasaan hangat.)



Menanggapi sikap audiensi. “Saya memaklumi bahwa beberapa di antara Anda mempunyai hal-hal yang mendesak dalam jadwal Anda ketika Anda diminta menghadiri presentasi ini, tetapi saya dapat memastikan bahwa hal yang akan Anda dengar di sini penting untuk hari depan Anda.” (Komentar tersebut membangkitkan rasa ingin tahu mereka dan mereka akan menunjukkan pengertian atas situasi demikian.)

Hubungkan dengan sesuatu yang lebih awal dalam program tersebut. “Saya mengerti bahwa pokok pembicaraan staf Anda selama empat bulan terpusat pada topik ini. Saya ingin melanjutkan mengenai pentingnya topik tersebut dengan sedikit tambahan penting.” (Refleksi seperti ini menunjukkan perhatian pada organisasi yang Anda tangani dan pengalaman yang dialami bersama sebelumnya.)

Kenali orang-orang penting di antara pendengar. “Sebelum memulai, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Bapak Wakil Presiden, Bapak Jordan Moore yang hadir malam ini yang bersedia memberikan bantuan untuk maksud dan tujuan kita. Keterlibatan aktifnya telah melapangkan peluang yang diperlukan untuk mengatur gerakan ini di seluruh industri secara khusus. Singkatnya, Bapak telah menentukan letak kami di dalam peta industri.” (Komentar seperti itu menunjukkan kesan yang baik dan penyamaan cara berpikir pendengar).




Nyatakan kesenangan Anda menjadi pembicara. “Saya ingin Anda tahu bahwa saya sangat menanti-nantikan saat untuk berbicara di hadapan Anda semua malam ini. Banyak di antara Anda adalah sahabat lama yang membuat saya merasa sangat mantap dan senang selama bertahun-tahun.” (Mengungkapkan keinginan Anda untuk bersama mereka akan memberikan pujian kepada pendengar dan menyampaikan rasa terima kasih Anda yang sungguh-sungguh.)

Dengan menggunakan pembukaan untuk pembukaan, hendaknya komentar yang Anda berikan singkat saja –tidak lebih dari dua atau tiga kalimat – sebelum beralih ke pembukaan presentasi topik Anda yang sesungguhnya.

sumber: Dianna Booher, Speak with Confidence, Bhuana Ilmu Populer (BIP)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar