Apa itu Blind Spot

Ketika kita mencari arti dari kalimat ini di google atau dari referensi manapun, kita akan menemukan pengertian yang berbeda-beda tentang apa itu blind spot. Setelah saya membaca beberapa referensi mengenai pengertian blind spot, saya mencoba membuat kesimpulan yang mudah untuk saya pahami.  
Blind Spot atau Titik buta adalah daerah yang tidak bisa dijangkau oleh penglihatan kita pada saat-saat tertentu. Ketika kita sedang terlalu fokus pada satu titik, maka akan makin banyak blind spot yang akan bermunculan. Jika kita tidak percaya dengan konsep blind spot ini, kita bisa membuktikanya sendiri.

Blind Spot atau Titik buta adalah daerah yang tidak bisa dijangkau oleh penglihatan kita pada saat-saat tertentu

Tapi yang ingin saya tulis disini bukanlah bagaimana kita akan membuktikan bahwa blind spot itu benar-benar ada dan bagaimana cara membuktikannya. Saya hanya ingin sedikit menganalogikan pengertian dari blind spot yang saya pahami dengan kehidupan kita selama ini.

Tanpa kita sadari, sebenarnya blind spot sangat sering muncul di kehidupan kita yang sangat kompleks. Saat kita bekerja, kita sering kali berfokus pada apa dan berapa hasil yang akan kita peroleh dari pekerjaan kita, tapi kita lupa dalam proses bekerja itulah sebenarnya kita telah menciptakan sebuah value added atau nilai tambah untuk diri kita. Dalam belajar, kadang kita terlau fokus tentang berapa nilai yang akan kita dapat, bagaimana cara mengerjakan soal yang disediakan agar bisa lulus, seolah-olah kita melupakan hasil-hasil lain yang telah kita ciptakan dalam proses belajar. Ketika hasil yang kita peroleh dari pekerjaan kita atau nilai yang kita dapat melebihi ekspektasi kita, sering kita mengeluh atau bahkan marah dengan diri sendiri ataupun orang lain. Kita lupa, bahwa sebenarnya banyak yang telah kita dapat dari proses belajar dan bekerja tadi.  



Mungkin itulah yang dimaksud blind spot, ketika kita hanya berfokus pada satu titik, kita sering melupakan atau tidak melihat titik lain yang sebenarnya ada.

Entah seberapa sering kita semua telah menciptakan ratusan bahkan ribuan blind spot selama kita hidup. Mungkin blind spot ini akan terus mengiringi laju perjalanan kita nanti, tapi setidaknya kita bisa menminimalkan munculnya blind spot tersebut. Ya...saya yakin kita bisa asalkan kita bisa lebih bijak dalam menyikapi kehidupan dan selalu bersyukur atas semua yang telah diberikan-Nya.



Adiwiratno

Tidak ada komentar:

Posting Komentar