Seni manajemen menuntut
Anda untuk menjangkau pengaruh baik ke atas maupun ke bawah di dalam
lingkungan organisasi. Jika Anda ingin memperoleh keberhasilan dan
seterusnya demikian, Anda perlu mengetahui bagaimana mengatur hubungan
dengan atasan Anda. Selain penggunaan berbagai keahlian dasar, dalam
memanipulasi dan menyanjung, yang dengan cepat dapat fahami oleh beberapa
pimpinan, berikut ini beberapa saran yang dapat membantu untuk pengaruh
Anda ke atasan...
|
|
|
|
01. Menyusun suatu pandanganan
jangka panjang
|
|
Kemampuan mengatur
pimpinan Anda, membutuhkan upaya jangka panjang guna mencapai puncak dalam
pengembangannya, dan hubungan kerja yang positif dalam suatu periode
tertentu. Bersabar dan berusahalah dalam rangka mencapai
tujuan.
|
|
|
|
02. Memahami pimpinan / atasan
Anda.
|
|
Ketahuilah berbagai hal
mengenai atasan Anda, seperti berbagai hal yang dia sukai dan yang tidak
disukainya, berbagai harapannya, kebiasaan khususnya dan berbagai
prasangkanya. Pahmilah bagaimana atasan Anda menginginkan pekerjaan
dikerjakan dengan mengajukan pertanyaan kepada orang lain dengan
mengamatinya.
|
|
|
|
03. Carilah saat yang paling tepat
mengadakan pendekatan kepada atasan.
|
|
Apakah atasan Anda
seorang yang bekerja mulai pagi hari dan bila demikian, ini merupakan saat
yang terbaik untuk melakukan diskusi dengannya? Jika pemimpin Anda
memerlukan beberapa saat untuk siap bekerja, diskusi mungkin lebih baik
dilakukan pada sore hari. Belajarlah untuk membaca berbagai suasana hati.
Sekretaris atasan pimpinan Anda biasanya merupakan seorang sekutu yang
tepat
|
|
|
|
04. Carilah di mana tempat Atasan
Anda yang paling tepat untuk melakukan
pendekatan.
|
|
Apakah pendekatan
tersebut baik dilakukan di kantor, atau pada saat makan siang atau setelah
bekerja, atau bahkan di rumah? Apakah ada kesempatan yang terbaik untuk
menghindar dari pemimpin Anda, seperti pada saat orang-orang terdekatnya
sedang berada di sekitarnya?
|
|
|
|
05. Selalu berterus terang dan
terbuka.
|
|
Atasan Anda perlu
mempercayai dan tergantung kepada Anda. Raihlah reputasi menyangkut
kejujuran dan cepat tanggap. Akuilah berbagai kesalahan Anda dan
berjanjilah untuk tidak mengulangi lagi.
|
|
|
|
06. Selalu beri informasi atasan
Anda.
|
|
Anda sebaiknya selalu
melaporkan segala aktivitas dengan segala aspeknya yang menjadi tanggung
jawab Anda kepada atasan Anda. Jangan sampai membuat atasan Anda mendapat
kejutan. Pelajarinya cara menyampaikan berita kurang menyenangkan dengan
cara yang tepat. Jika terjadi ketidakberesan, jelaskanlah apa, mengapa,
bagaimana dan apa yang akan Anda lakukan untuk
.......
|
|
|
|
07. Tunjukkanlah loyalitas/kesetiaan
melalui tindakan.
|
|
Berikan perlindungan
atasan Anda bagaimana diperlukan. Bantulah atasan Anda selalu berada dalam
posisi yang benar. Anda dapat melakukan hal ini tanpa terlalu
patuh.
|
|
|
|
08. Tangani konflik secara
konstruktif.
|
|
Konfrontasi dengan atasa
Anda tidak dapat dihindarkan. Carilah kesepakatan dengan cara yang bik,
kemudian berkosentrasilah dengan sikap kerja sama mengenai permasalahan
tersebut. Jangan menjatuhkan atasan Anda. Jika pemimpin Anda kehilangan
muka, Anda akhirnya yang akan mempunyai masalah. Anda harus ingat bahwa
pemimpin selalu benar.
|
|
|
|
09. Sampaikan berbagai hal yang
baik
|
|
Jika Anda diminta untuk
melakukan sesuatu, lakukanlah secara sungguh-sungguh dan tepat. Carilah
berbagai jalan keluar, atau paling tidak berbagai pilihan untuk
dipertimbangkan-jangan pernah mengajukan berbagai permasalahan. Hindarkan
melontarkan berbagai saran yang setengah matang. Bersiaplah untuk menjawab
berbagai pertanyaan.
|
|
|
|
10. Bersikap gigih tetapi tidak mau
menang sendiri.
|
|
Hadapilah tantangan satu
demi satu dan jangan membanjiri pemimpin Anda dengan berbagai gagasan jika
Anda merasa kurang yakin, tundalah dan perjuangkan kembali pada lain hari
dan siapkanlah berbagai pilihan atau perubahan terhadap usulan
semula.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar