Mengelola Boss Anda

Tiga Kunci Sukses Mengelola Atasan | Bicara Manajemen

Seni manajemen menuntut Anda untuk menjangkau pengaruh baik ke atas maupun ke bawah di dalam lingkungan organisasi. Jika Anda ingin memperoleh keberhasilan dan seterusnya demikian, Anda perlu mengetahui bagaimana mengatur hubungan dengan atasan Anda. Selain penggunaan berbagai keahlian dasar, dalam memanipulasi dan menyanjung, yang dengan cepat dapat fahami oleh beberapa pimpinan, berikut ini beberapa saran yang dapat membantu untuk pengaruh Anda ke atasan...
 
 
01. Menyusun suatu pandanganan jangka panjang
 
Kemampuan mengatur pimpinan Anda, membutuhkan upaya jangka panjang guna mencapai puncak dalam pengembangannya, dan hubungan kerja yang positif dalam suatu periode tertentu. Bersabar dan berusahalah dalam rangka mencapai tujuan.
 
 
02. Memahami pimpinan / atasan Anda.
 
Ketahuilah berbagai hal mengenai atasan Anda, seperti berbagai hal yang dia sukai dan yang tidak disukainya, berbagai harapannya, kebiasaan khususnya dan berbagai prasangkanya. Pahmilah bagaimana atasan Anda menginginkan pekerjaan dikerjakan dengan mengajukan pertanyaan kepada orang lain dengan mengamatinya.
 
 



03. Carilah saat yang paling tepat mengadakan pendekatan kepada atasan.
 
Apakah atasan Anda seorang yang bekerja mulai pagi hari dan bila demikian, ini merupakan saat yang terbaik untuk melakukan diskusi dengannya? Jika pemimpin Anda memerlukan beberapa saat untuk siap bekerja, diskusi mungkin lebih baik dilakukan pada sore hari. Belajarlah untuk membaca berbagai suasana hati. Sekretaris atasan pimpinan Anda biasanya merupakan seorang sekutu yang tepat
 
 
04. Carilah di mana tempat Atasan Anda yang paling tepat untuk melakukan pendekatan.
 
Apakah pendekatan tersebut baik dilakukan di kantor, atau pada saat makan siang atau setelah bekerja, atau bahkan di rumah? Apakah ada kesempatan yang terbaik untuk menghindar dari pemimpin Anda, seperti pada saat orang-orang terdekatnya sedang berada di sekitarnya?


 
 
05. Selalu berterus terang dan terbuka.
 
Atasan Anda perlu mempercayai dan tergantung kepada Anda. Raihlah reputasi menyangkut kejujuran dan cepat tanggap. Akuilah berbagai kesalahan Anda dan berjanjilah untuk tidak mengulangi lagi.
 
 
06. Selalu beri informasi atasan Anda.
 
Anda sebaiknya selalu melaporkan segala aktivitas dengan segala aspeknya yang menjadi tanggung jawab Anda kepada atasan Anda. Jangan sampai membuat atasan Anda mendapat kejutan. Pelajarinya cara menyampaikan berita kurang menyenangkan dengan cara yang tepat. Jika terjadi ketidakberesan, jelaskanlah apa, mengapa, bagaimana dan apa yang akan Anda lakukan untuk .......
 
 
07. Tunjukkanlah loyalitas/kesetiaan melalui tindakan.
 
Berikan perlindungan atasan Anda bagaimana diperlukan. Bantulah atasan Anda selalu berada dalam posisi yang benar. Anda dapat melakukan hal ini tanpa terlalu patuh.
 
 
08. Tangani konflik secara konstruktif.
 
Konfrontasi dengan atasa Anda tidak dapat dihindarkan. Carilah kesepakatan dengan cara yang bik, kemudian berkosentrasilah dengan sikap kerja sama mengenai permasalahan tersebut. Jangan menjatuhkan atasan Anda. Jika pemimpin Anda kehilangan muka, Anda akhirnya yang akan mempunyai masalah. Anda harus ingat bahwa pemimpin selalu benar.



 
 
09. Sampaikan berbagai hal yang baik
 
Jika Anda diminta untuk melakukan sesuatu, lakukanlah secara sungguh-sungguh dan tepat. Carilah berbagai jalan keluar, atau paling tidak berbagai pilihan untuk dipertimbangkan-jangan pernah mengajukan berbagai permasalahan. Hindarkan melontarkan berbagai saran yang setengah matang. Bersiaplah untuk menjawab berbagai pertanyaan.
 
 
10. Bersikap gigih tetapi tidak mau menang sendiri.
 
Hadapilah tantangan satu demi satu dan jangan membanjiri pemimpin Anda dengan berbagai gagasan jika Anda merasa kurang yakin, tundalah dan perjuangkan kembali pada lain hari dan siapkanlah berbagai pilihan atau perubahan terhadap usulan semula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar