Perbedaan Stage Hipnotis dan Hipnoterapi

Apa Itu Stage Hipnotist?
Stage Hipnotist adalah aplikasi hipnosis yang ditujukan untuk keperluan permainan dan hiburan kepada orang lain. Contoh sederhananya adalah membuat klien menjadi tidak mampu berjalan, kehilangan jarinya, meniup terompet dengan kaos kakinya, lupa dirinya berada dimana, dsb.

Apa Itu Hipnoterapi?
Hipnoterapi adalah aplikasi hipnosis yang digunakan untuk keperluan terapi. Masalahnya adalah masalah-masalah pikiran dan gejala lain yang berawal dari pikiran. Misalnya saja adalah menerapi stres, kebiasaan buruk seperti merokok dan trauma pada sesuatu hal seperti ulat.

Apakah Stage Hipnotist & Hipnoterapi Sama?
Apakah ada kesamaan antara keduanya? Tentu saja ada, yaitu sama-sama merupakan aplikasi dari hipnosis dalam keseharian. Hanya saja perbedaannya terletak pada segmen yang berlainan diantara keduanya. Satunya untuk keperluan hiburan, satunya lagi untuk keperluan terapi.

Bagaimana Cara Memilih Klien?
Apakah terdapat kesamaan cara untuk memilih klien yang bersangkutan? Tentu saja ada perbedaannya. Berikut ini adalah beberapa contoh perbedaan mendasarnya :
  • Klien dalam hipnosis panggung dipilih dengan cara memberikan tes sugesti. Tujuannya adalah untuk mendapatkan klien yang memiliki sugestivitas tinggi. Sedangkan dalam hipnoterapi, klien yang datang sangat beragam dan tidak dapat dipilih. Artinya hipnoterapis harus menerima segala bentuk kondisi sugestibilitas klien yang datang.
  • Dalam pertunjukan hipnotis, keterampilan pakar hipnotis menjadi penentu utama untuk menemukan klien dengan tipe sugestifitas yang tinggi dalam waktu yang singkat. Sedangkan dalam hipnoterapi, hipnoterapis memiliki cukup waktu untuk meningkatkan sugestibilitas klien yang datang sampai pada kondisi yang diinginkan.
  • Pertunjukan hipnotis berlangsung dalam waktu yang singkat dan cepat. Durasi waktunya dalah sekitar 30-60 menit. Ini sudah termasuk dari proses pemilihan klien sampai dengan pertunjukan. Sedangkan kegiatan hipnoterapi biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama. Durasinya antara 1 sampai 2 jam dalam setiap sesinya.
Nah inilah ketiga perbedaan mendasar antara kegiatan hipnosis panggung dan juga hipnoterapi jika dilihat dari cara pemilihan klien. Nah dengan mengetahui ketiga perbedaan mendasar ini, semoga kita menjadi lebih paham dan bijaksana dalam memperlakukan klien. Bagaimana memperlakukan klien dalam pertunjukan hipnosis dan bagaimana cara memperlakukan klien dalam kegiatan hipnoterapi.

jakartacoaching.com

1 komentar:

  1. Benar sekali diatas :) Berbeda tujuan dan cara pra-induksinya serta sugestinya (kalau terapi mengunakan Hypnotherapeutic Technique)...... Tapi yang masih kurang cara induksinya... kalau stage sebisa mungkin cara induksi yang menakjubkan dan instan (tidak pernah dengan induksi rileksasi)...... kalo terapi dilarang mengunakan induksi yang membuat trauma (karena mungkin dibutuhkan sesi terapi selanjutnya)....


    Hipnoterapi daerah Jakarta dan Tangerang untuk banyak permasalahan pikiran, emosi, prilaku, psikosomatis, dan phisikologi lainnya.
    Hubungi Bpk Arif, Telpon 021-93693294, pinBB 332143BC
    http://sinergy-therapy.blogspot.co.id
    Moga kami dapat membantu Anda.

    BalasHapus