Mendelegasikan Pekerjaan Yang Efektif

Bagaimana Melakukan Delegasi Tugas Efektif dengan MBTI | Mitologi Inspira 

Pernahkah Anda merasa frustrasi karena Anda merasa bekerja sendirian tanpa ada yang membantu? Mengapa tak ada seorang pun bawahan Anda yang bisa bekerja seefektif Anda? Mungkin ini bukan salah mereka semata. Mungkin Anda yang tidak mendelegasikan setumpuk pekerjaan itu dengan efektif.
 

Ini petunjuk yang harus Anda ingat. :

1.     Tekankan hasil, bukan detail Setiap orang punya cara sendiri dalam melakukan pekerjaannya. Bisa jadi, detail pekerjaan cara Anda berbeda dengan bawahan Anda. Tidak apa-apa, asal hasilnya maksimal. Tekankan ini pada bawahan.

2.     Tak usah memberi solusi pada masalah bawahan Bila bawahan Anda datang untuk minta dicarikan pemecahan masalahnya (bukan masalah perusahaan), lebih baik Anda biarkan mereka berpikir sendiri. Sebab, ini bisa bikin Anda frustasi dan butuh waktu banyak. Pada jangka panjang, Anda bisa menghemat waktu.

3.     Berikan pertanyaan Bila bawahan Anda datang pada Anda, bertanyalah. Anda akan tahu seberapa jauh ia dapat diandalkan.

4.     Bangun tujuan yang kongkret Terangkan hal ini pada semua bawahan Anda. Supaya, mereka bisa mengambil keputusan pada saat diperlukan dan tidak selalu tergantung pada Anda.

5.     Kembangkan sistem laporan Intinya, Anda harus tahu perkembangan di kantor. Adakan pertemuan setiap beberapa waktu.


6.     Berikan tenggat waktu yang realistis Kalau tenggat waktu tidak jelas, bisa-bisa bawahan Anda tidak tahu bagaimana mengukur kecepatan kerjanya.

7.     Delegasikan sebagian pekerjaan untuk bawahan Anda Anda tinggal memonitor kemajuannya, dan mendisiplinkan bawahan bila perlu. Tentu saja, Anda mesti menunjukkan kemampuan dulu bahwa Anda memang bisa melakukannya. Bila Anda hanya begitu saja mendelegasikan pekerjaan tanpa memberi contoh, jangan-jangan Anda memang tidak mampu melakukannya.

8.     Kenali bakat dan kepribadian bawahan Jadilah atasan yang berlaku seperti pelatih suatu tim olahraga. Anda tahu proyek apa yang bisa dikerjakan bawahan, dan mana yang tidak.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar