Pernahkah Anda merasa frustrasi karena Anda merasa bekerja sendirian tanpa ada
yang membantu? Mengapa tak ada seorang pun bawahan Anda yang bisa bekerja
seefektif Anda? Mungkin ini bukan salah mereka semata. Mungkin Anda yang tidak
mendelegasikan setumpuk pekerjaan itu dengan efektif.
Ini petunjuk yang harus
Anda ingat. :
1. Tekankan hasil, bukan
detail Setiap orang punya cara sendiri dalam melakukan pekerjaannya. Bisa jadi,
detail pekerjaan cara Anda berbeda dengan bawahan Anda. Tidak apa-apa, asal
hasilnya maksimal. Tekankan ini pada bawahan.
2. Tak usah memberi solusi pada
masalah bawahan Bila bawahan Anda datang untuk minta dicarikan pemecahan
masalahnya (bukan masalah perusahaan), lebih baik Anda biarkan mereka berpikir
sendiri. Sebab, ini bisa bikin Anda frustasi dan butuh waktu banyak. Pada
jangka panjang, Anda bisa menghemat waktu.
3.
Berikan pertanyaan Bila bawahan Anda datang pada Anda,
bertanyalah. Anda akan tahu seberapa jauh ia dapat diandalkan.
4. Bangun tujuan yang
kongkret Terangkan hal ini pada semua bawahan Anda. Supaya, mereka bisa
mengambil keputusan pada saat diperlukan dan tidak selalu tergantung pada Anda.
5. Kembangkan sistem laporan
Intinya, Anda harus tahu perkembangan di kantor. Adakan pertemuan setiap
beberapa waktu.
6. Berikan tenggat waktu yang
realistis Kalau tenggat waktu tidak jelas, bisa-bisa bawahan Anda tidak tahu
bagaimana mengukur kecepatan kerjanya.
7. Delegasikan sebagian
pekerjaan untuk bawahan Anda Anda tinggal memonitor kemajuannya, dan
mendisiplinkan bawahan bila perlu. Tentu saja, Anda mesti menunjukkan kemampuan
dulu bahwa Anda memang bisa melakukannya. Bila Anda hanya begitu saja
mendelegasikan pekerjaan tanpa memberi contoh, jangan-jangan Anda memang tidak
mampu melakukannya.
8. Kenali bakat dan
kepribadian bawahan Jadilah atasan yang berlaku seperti pelatih suatu tim
olahraga. Anda tahu proyek apa yang bisa dikerjakan bawahan, dan mana yang
tidak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar