Pemimpin Efektif Seperti Elang

Belajar Sukses dari Burung Elang - Kompasiana.com 
 
Di dunia ini banyak pemimpin, banyak juga yang menyebut dirinya seorang pemimpin. Tetapi menurut Anand Pillai seorang Chief Learning Officer Reliance dari India, selama 28 tahun pengalamannya dalam studi kepemimpinan, hanya sebagian dari pemimpin itu benar-benar efektif. Namun ada juga orang-orang yang benar-benar efektif menyelesaikan pekerjaan walaupun bukan seorang leader. Lalu bagaimana ciri-ciri seorang pemimpin yang efektif itu.

Banyak pemimpin yang tidak get thing done. Malah ada orang-orang lain yang sangat efektif yang bukan seorang leader. Karena itu lah, Leadership itu bukan posisi atau jabatan tetapi adalah lebih cenderung ke sebuah Tindakan. Ada beberapa model kepeminpinan efektif yang kemudian dapat disimpulkan bahwa seorang pemimpin efektif itu memiliki kualitas seperti burung Elang. Adapun Kualitas itu adalah sebagai berikut :

- Gigih - Melihat matahari dengan Mata

- Visi -
Lihat target mil jauhnya

- Ulet -
Lalat melalui badai

- Pemeliharaan - Satu per satu, secara pribadi

- Terbang Setinggi-tingginya - Bersarang dan terbang di tempat-tempat tinggi namun di bumi

- Grip - Sebagai wakil untuk mengeratkan tim

- Vitalitas - Melalui kehidupan semua hidupnya

Selain itu, Bill Treasuren dari Giant Leap Consulting dari Amerika, memaparkan tentang Open Door Leader. Seorang pemimpin menurut Bill, harus terbuka dan membuka banyak pintu kesempatan kepada anak buahnya. Termasuk dalam kesempatan itu adalah kesempatan berbuat kesalahan.

Pertanyaan menariknya adalah, bagaimana mengukur efektivitas seorang pemimpin? cara yang sederhananya adalah dari produktivitasnya karyawannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar