Membuat Perencanaan Strategis Dalam Bisnis

Sebuah perencanaan bisnis adalah gambaran kegiatan atau program kerja atau wirausahawan ke depan. Melalui program-program yang telah ditentukan sebagai upaya untuk menggapai tujuan bersama. Perencanaan menggambarkan prediksi dan tindakan yang akan dilakukan dalam jangka pendek, menengah, dan panjang oleh perusahaan.

Untuk menggapai tujuan tentunya dibutuhkan perencanaan yang strategis yang mampu mewadahi jalannya perusahaan sesuai dengan situasi dan kondisi. Lantas pahamkah anda tentang perencanaan strategis? Perencanaan Strategis adalah perencanaan yang mempertimbangkan tentang apa yang harus dilakukan sebuah organisasi, cara melakukannya dan arah tujuan organisasi tersebut sehingga sebuah organisasi akan berjalan dengan efektif dan efisien.

Dalam sebuah perencanaan strategis kita harus membuat jawaban dari pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut :
- apa posisi sekarang?
- bagaimana mencapai posisi sekarang?
- bisnis apa yang ada jalankan?
- apa prediksi masa depan anda?
- apa road map atau rute yang anda rencanaka untuk mencapai tujuan itu?

Tanpa strategi yang mumpuni, maka sebuah perencanaan tidak akan berpengaruh apa-apa dalam implementasi kerja di lapangan. Untuk itu butuh formulasi jitu sebagai stimulus bagi jalannya perencanaan yang sudah disusun. Perencanaan strategis mencakup kerangka dan proses yang akan memandu dalam menjalankan roda bisnis sehingga ada pedoman di saat melakukannya di lapangan. 

Tuntutan pasar dan perbedaan harapan konsumen yang beragam tentunya mengharuskan anda untuk melakukan evaluasi dalam perencanaan program kerja.


Ketika sebuah perencanaan sudah tidak relevan untuk diterapkan, sebaiknya anda menggantinya dengan perencanaan yang lebih baik. Perencanaan yang lebih sesuai dengan kondisi dan situasi dilapangan. Untuk lebih memperdalam lagi pengetahuan anda tentang perencanaan strategis, sebaiknya anda mengetahui karakteristik perencanaan strategis dalam dunia bisnis anda sehingga perencanaan yang dibuat tidak keliru.

1. Perencanaan sebaiknya fleksibel sehingga mudah beradaptasi dengan perubahan yang disebabkan oleh permintaan pasar dan pengaruh lingkungan masyarkat
2. Perencanaan sebaiknya bersifat responsif atas lingkungan dan kondisi pasar
3. Perencanaan sebaiknya bersifat kreatif untuk menginspirasi komitmen dan membuat perencanaan yang dapat mengankat perusahaan di dunia bsinis
4. Perencanaan harus fokus secara jelas, terdefinisi dengan baik dan tidak ambigu

Setelah sekian lama kita berbicara tentang perencanaan strategis, tahukah anda tujuannya dalam oraganisasi, berikut tujuan perencanaan strategis :

1. Memberikan pemahaman pada perusahaan mengenai posisi perusahan di dalam pasar
2. Memberikan arahan dan tujuan pergerakan perusahaan
3. Meningkatkan komunikasi dan motivasi orang-orang yang terlibat dan mengetahui proses bisnis mereka ke depan sehingga dapat memotivasi mereka untuk bekerja dengan kepercayaan diri dan kerja keras.
4. Kontrol pada masalah utama seperti kualitas, produksi dan customer
5. Membantu organisasi mencapai hasil yang diinginkan dan menjadi target perusahaan selama ini, yang telah tersusun dalam perencanaan bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar