4 Pilar Utama NLP

NLP Tutorial - Javatpoint 
 
NLP Tanpa Pilar NLP
Seperti umumnya ilmu psikologi terapan, umumnya keilmuan dasarnya diikat oleh pilar-pilar penyangga utama. Baik itu berupa keyakinan, nilai atau sikap yang selalu seiring dan sejalan. NLP pun juga demikian. Artinya NLP juga disangga oleh 4 pilar utama yang sangat penting.
Apa yang akan terjadi jika NLP menjadi takberpilar? Tentu saja bangunan NLP yang dibangun dapat dirobohkan dengan mudah. Bahkan hanya dengan tiupan angin atau sedikit tekanan saja. Oleh karena itu, keberadaan pilar NLP menjadi sangat penting dan utama.

4 Pilar NLP Yang Menyangga Kehidupan Kita
Ada 4 pilar penyangga utama bangunan NLP. Keempat pilar tersebut adalah Outcome, Sensory Acuity, Behavioural Flexibility dan Rapport. Sebagai pilar atau penyangga utama, maka sudah sepantasnya jika kita harus memperhatikannya dengan sebaik-baiknya. Tujuannya adalah untuk memperkokoh bangunan NLP yang kita bangun di atasnya.


Berikut ini adalah ulasan menarik mengenai keempat pilar utama NLP yang sangat penting untuk kita perhatikan :

Pilar ke-1 (Outcome)
Selama ini kita mengetahui jika tujuan dan cita-cita sangat penting untuk kita miliki. Meskipun demikian, NLP menjadikan hal tersebut menjadi lebih bermakna. Kita dianjurkan untuk hanya bercita-cita dan bertujuan hidup, melainkan memiliki cita-cita dan tujuan hidup yang benar-benar kita inginkan. Ditambah lagi, kita juga harus tahu apa hasil dari cita-cita dan tujuan kita (outcome).

Pilar ke-2 (Sensory Acuity)
Hal ini memberikan maksud dan tujuan jika kita memiliki panca indra yang dapat digunakan untuk mengamati dan mendeteksi sesuatu dengan sangat detail. Nah, dengan kemampuan kita ini, kita dapat menggunakannya untuk memperjelas gambaran outcome yang ingin kita capai. Selain itu kita juga harus memperhatikannya karena hal ini juga menjadi penentu keberhasilan atau kegagalan.

Pilar ke-3 (Behavioural Flexibility)
Kita harus siap menerima umpan balik, saran dan kritik. Keterbukaan kita akan hal ini sangat menentukan kesuksesan kita dalam mencapai outcome. Selain itu, kita juga harus siap menjadi seperti air. Selalu dapat menyesuaikan diri sesuai dengan tempatnya. Jadi, agar sukses kita harus siap merubah strategi, cara dan metode yang digunakan setiap dibutuhkan.

Pilar ke-4 (Rapport)
Manusia tidak dapat tidak berkomunikasi. Artinya, manusia akan selalu berhubungan dengan orang lain. Oleh karena itu kunci dari segala kunci sukses dengan orang lain adalah membangun keakraban. Nah, dengan NLP kita dapat mempelajari teknik, metode, strategi dan cara untuk membangun keakraban dengan orang lain dalam waktu singkat.

jakartacoaching.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar