5 Fitur Sukses

 

Mengutip
dari Buku “Be a Rockstar in The Working Place” dapat digambarkan adanya Visi yang perlu Anda bangun dalam Kehidupan Pribadi atau Profesional, sehingga jalan Sukses dapat terbentang dan terjalani dengan rencana yang matang.  Dalam mencapai sukses ada 5 Fitur Sukses menurut Ugie Nugroho, Penulis Buku tersebut, yakni Imajinasi, Mimpi, Vision, Living Era dan Kriteria Sukses.

1.  Imajinasi (Imagination)
Anak-anak adalah contoh sosok manusia yang sangat Imajinatif, yang mampu membangun khayalan dan impian dalam Kehidupan Dirinya.  Imajinasi akan membangkitkan Anda gairah Anda untuk mencapai Impian dan Cita-cita.  Anak-anak yang dilarang untuk hal-hal yang mungkin sepele, akan mengalami penurunan 25% Daya Kreativitas dan Imajinasi.  

Sedemikian sebagai orang tua Anda cukup Bijaksana jika mampu memberikan kelonggaran kepada anak-anak dalam Ber-Kreasi tentang segala hal.  Bahkan jika Anda terbiasa melarang dan menghalangi diri sendiri untuk berimajinasi maka dalam Dunia Kerja, Sisa-sia Pemikiran Kreatif Anda tinggal 25% saja.

2.  Mimpi (Dream)
Mimpi adalah Pengembangan dari Imajinasi, dimana setelah Anda mempunyai sebuah Imajinasi yang mungkin hanya dalam dunia khayalan belaka, maka Mimpi adalah sesuatu yang dapat Anda capai dengan melalui beberapa Proses dan Tahapan.  Beberapa Mimpi yang Realistis diantaranya adalah menjadi seorang ber Gelar Master Degree pada saat Anda telah menyelesaikan Kuliah Strata 1.  

Atau Anda ingin menjadi Direktur Termuda pada saat dimana Anda telah menjadi Wakil Direktur saat ini. Mimpi akan menggiring Anda untuk Fokus dan Serius dalam menjalani setiap kegiatan dan aktivitas.  Mimpi adalah Cita-cita, Mimpi adalah Impian dan Mimpi siap diwujudkan pada saat Anda konsisten dan komitmen dengan Mimpi tersebut.

3.  Visi (Vision)
Setelah Anda ber Imajinasi dan ber Mimpi, selanjutnya Anda akan memasang Target yang Jelas mengenai Mimpi itu, yakni sebuah Visi Masa Depan yang jelas kapan akan dicapai.  Visi adalah Pandangan Anda akan masa datang dari semua mimpi dan imajinasi yang ada.  Dengan begitu banyaknya Mimpi, maka Anda akan berhasil mengerucutkannya menjadi sebuah Visi Besar dalam Hidup.  

Visi adalah Mimpi Besar, dan Anda perlu tuliskan dengan Jelas sehingga menjadi Inspirasi setiap waktu.  Untuk memperkuat Visi Hidup Anda dan menjadi Motivasi maka perlu dibuatkan Vision Board, yang perlu diletakkan pada tempat yang terlihat setiap hari.  Visi adalah milik pribadi dan tidak dapat diraih jika Anda mengejadi Visi orang lain, sehingga jika Anda bekerja pada sebuah Perusahaan, maka diperlukan sinkronisasi antara Visi Perusahaan dan Visi Pribadi Anda.


4.  Zaman (Living Era)
Sebelumnya telah ada Era Pertanian, dilanjutkan dengan Era Industri dan saat ini kita berada dalam Era Informasi.  Orang-orang yang menguasai Informasi dapat dipastikan mempunya Potensi Sukses lebih baik daripada orang lainnya yang kurang mengerti dan menguasai informasi.  

Di Zaman Era Industri maka dominan Penggunaan Otak Kiri dijadikan standar dalam dunia kerja dan profesi, namun saat ini Era Informasi mengajak Anda untuk mulai menggiatkan penggunaan Otak Kanan yang lebih Supel, Gaul dan Kreatif.  Manfaatkan Potensi Otak Anda sesuai kondisi Zaman yang dihadapi, sehingga mengikuti dan menyatu dalam zaman apapun Anda tidak akan terbebani atau tertinggal.

5.  Criteria (Kriteria Sukses)
Yang paling akhir adalah bagaimana Anda dapat menterjemahkan Artian Sukses bagi Diri Pribadi.  Definisi Sukses tidak sama setiap orang, dan mungkin pengertian Sukses juga tidak sama dengan artian Materi dan Fisik.  Anda perlu jelaskan pada diri sendiri, setelah mempunyai Imajinasi, Mimpi dan Visi kemudian diselaraskan dengan Living Era, selanjutnya Pertegas Arti atau Definisi Sukses menurut Anda.


Sukses dalam Hidup adalah Hak setiap Individu dan memiliki arti tersendiri sesuai dengan Pribadi masing-masing.  Fitur Sukses ini dapat menjadi Motivasi untuk Membangun Impian Mada Depan Anda.

ikhtisar.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar