Age Regression Dalam Kegiatan Hipnosis

Age Regression sudah sangat familiar dalam dunia hipnotis, hipnosis atau hipnoterapi. Sebenarnya age regression ini hanyalah sebuah teknik atau metode hipnosis yang biasanya sering digunakan untuk keperluan terapi dalam hipnoterapi. Meskipun demikian, teknik unik ini mengungkap segudang fenomena menarik yang sangat layak untuk kita kupas.

Ada banyak alasan yang mendasari mengapa hipnoterapis menggunakan teknik unik ini. Apa saja itu? Beberapa diantaranya bertujuan untuk menggali permasalah klien, menemukan akar masalah yang tersembunyi dan juga menyelesaikan permasalahan klien yang berasal dari pengalaman-pengalaman masa lalu yang kurang menyenangkan (membuat trauma dan menimbulkan gejolak letupan emosi negatif).

Meskipun demikian, para ahli hipnotis dan hipnoterapis ada yang menganjurkan supaya teknik ini tidak dilakukan dalam kegiatan hipnosis panggung (pertunjukan hipnotis). Mengapa? Ada kekhawatiran yang membuat klien kembali mengalami trauma atau masalah yang terjadi pada masa lalu. Jika ini sampai muncul, klien harus dihipnoterapi. Khawatirnya, karena ini adalah pertunjukan hipnotis, praktisi yang melakukannya lupa untuk mengembalikan klien seperti keadaan semula (melakukan hipnoterapi jika perlu).

Ada banyak fenomena menarik dibalik kegiatan age regression ini. Nah supaya kita menjadi lebih paham dan mengetahui dengan jelas apa itu age regression, mari kita simak beberapa cara untuk melakukan age regression yang unik berikut :
  • Menghitung mundur usia klien dari usia sekarang ke masa lalu. Caranya adalah dengan membuat klien menyadari berapa usianya yang sekarang. Selanjutnya, terapis memandu klien untuk mengingat kembali klien ke masa lalu dengan cara mundur ke usia kecilnya. Misalnya usia remaja (17 tahun) dan anak-anak (7 tahun).
  • Menggunakan bantuan kalender untuk meregresi klien ke masa lalu. Terapis dapat memandu klien mundur ke masa lalu dengan bantuan kalender. Minta klien untuk melihat tanggal sekarang dan perlahan-lahan bawa klien menyusuri masa lalunya ke tanggal-tanggal masa lalu. Misalnya 1 Januari 2015, mundur ke 1 Januari 2010 dan seterusnya sampai ke masa yang diinginkan.
  • Menggunakan jembatan penghubung emosi (affect bride). Caranya adalah dengan memandu klien untuk menyadari kondisi emosinya yang sekarang. Selanjutnya bimbing klien untuk merasakan kembali kondisi emosinya pada masa-masa atau kenangan-kenangan tertentu.
Menggunakan age regression mengundang tantangan tersendiri yang unik dan menarik. Sudahkah kita memikmati tantangan dan keunikannya ini? Selamat menemukan keunikan-keunikan lain dalam kegiatan age regression dengan cara menerapkannya mulai sekarang. Semoga sukses!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar