Cukup banyak ilmu yang disampaikan dan cukup banyak juga solusinya
dari beberapa permasalahan yang sering menimpa UKM dalam hal membangun
tim bisnis kita.
Ada beberapa hal yang bisa diringkas selama acara yaitu:
1. Kepuasan karyawan adalah hal yang utama sebelum kepuasan pelanggan.
2. Meng-interview karyawan harus selalu mengedepankan pikiran positif
dengan berpedoman kepada apa yang telah mereka kerjakan di masa lampau,
jangan menanyakan pertanyaan yang belum pernah dia kerjakan.
3. Ciptakan tradisi positif di perusahaan seperti yel-yel, training reguler, musik pada saat-saat tertentu, dll.
4. Pemberian reward secara reguler berkali-kali dalam 1 tahun lebih
baik daripada pemberian reward 1 tahun sekali walaupun dalam jumlah
besar.
5. Strategi pemberian gaji bisa seperti ini:
a. Fix salary
b. Variable salary (tunjangan, komisi, dll)
c. Bonus
Komunikasikan seperti apa perusahaan kita, dengan mendefinisikan visi, misi, seperti contoh untuk perusahaan Dealer Motor Honda.
Visi:
Menjadi dealer sepeda motor Honda terbaik se-Indonesia.
Misi:
- Menyediakan layanan distribusi dg mengutamakan kepuasan pelanggan.
- Menyelenggarakan kegiatan usaha dlm iklim kerja yg fun dan produktif demi pertumbuhan hidup perusahaan.
Penilaian Karyawan adalah sesuatu yang membingungkan bagi saya, ada
beberapa aspek yang sulit diukur, seperti perilaku, sifat, dan aspek
psikologis lain, kalaupun ada parameternya subjektif.
Tapi untuk membangun ‘a great team’, harus dilakukan penilaian secara
berkala.
Berikut point2 tentang penilaian karyawan :
Beberapa Aspek Dalam Penilaian Karyawan:
A. Aspek Perilaku:
1. Inisiatif & kreatifitas
2. Komunikasi & kerjasama
3. Kualitas Hasil pekerjaan
4. Kedisiplinan
Nilai :
1= poor performance
2= need improvement
3= standard
4= good
5= very good
Ada umpan balik pengembangan
B. Aspek Hasil Kerja (Key Performance Indicators)
1. Penjualan (dalam rupiah, misal=2M)
2. Skor Kepuasan Pelanggan (dari skala 1-5)
3. Jumlah produk yg dihasilkan/bulan (misal 100 box)
4. Jumlah pelanggan baru (misal 10/bulan)
Buat kolom perbandingan antara target, realisasi, dan % pencapaian
Personality Test & Profile:
DiSC profile merupakan alat tes yg mengukur dan membagi kepribadian dalam 4 dimensi utama yaitu:
1. Dominance : memiliki kecenderungan kuat untuk menggerakkan dan mempengaruhi orang lain
2. Influence : memiliki tendensi untuk terbuka dan berinteraksi dg banyak orang, suka bergaul dan bersosialisasi/ngobrol
3. Steadines: memiliki tendensi utk bersikap konsisten, stabil dan mengacu pada prosedur yg telah baku
4. Compliance : memiliki tendensi utk memberikan perhatian pada detil dan akurasi
Dimensi Kunci dlm People Management:
1. Recruitment & Selection
2. Training & Development
3. Performance Management
4. Reward Management
5. Career Management
(Dyah Purana)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar