Pastinya tidak ada satu pekerjaan yang terlepas dari rasa
stres. Karena tekanan tersebut bisa berasal dari load kerja yang sangatlah
tinggi, tidak adanya kecocokan antara anda dengan atasan anda di kantor,
kurangnya gaji yang diterima anda, atau pun tidak bisanya anda bekerja sama
dengan rekan kerja anda di kantor.
Walaupun benar pada kenyataannya anda tidak mungkin bisa
menghindari stres yang datang di kehidupan anda, namun perlu anda ingat, masih
banyak diantaranya cara yang bisa anda lakukan agar stres yang anda rasakan
tersebut justru malah bisa menjadi satu motivasi bagi anda untuk bekerja lebih
bersemangat lagi. Mungkin cara yang bisa anda lakukan dalam mengelola stres tersebut
berbeda dengan cara yang dilakukan oleh orang lain, namun secara umum ada
beberapa hal yang memang bisa anda lakukan ketika anda tengah menghadapi stres
yang menghampiri anda.
1. Prioritaskan yang pertama dan terpenting
Jika saat ini anda tengah memiliki beban yang berat dalam
menghadapi satu proyek yang penting sekaligus, maka anda harus tetap tenang
dalam menghadapi situasi tersebut. Anda harus tetap fokus pada tugas yang
memang telah menjadi satu prioritas bagi anda. Jika memang perlu anda lakukan,
mungkin anda bisa mengajukan pernyataan bahwa anda keberatan dengan tugas yang
diberikan oleh atasan anda, dikarenakan anda memiliki hak untuk mengerjakan apa
yang memang telah menjadi beban serta target yang akan anda lakukan.
2. Tetap terorganisir
Ketika anda berada di tempat anda bekerja, maka anda harus
mengerjakan tugas yang diberikan kepada anda yang memang sesuai dengan agenda
yang telah ada. Dengan anda mengetahui target dengan jelas, maka anda akan
mengetahui bagaimana cara dalam membuat suatu perencanaan.
3. Komunikasi
Mungkin terkadang suatu rencana yang memang telah anda susun
sedemikian rupa tidak bisa selamanya dapat berjalan mulus sesuai rencana
dikarenakan adanya beberapa kendala. Oleh sebab itu anda penting menyampaikan
permasalahan tersebut kepada orang lain yang memang anda percaya yang juga
masih memiliki kaitan dengan pekerjaan yang anda jalankan tersebut. Kali aja
ada rekan kerja anda yang mungkin bisa membantu menyelesaikan permasalahan
tersebut.
4. Banyak bergaul
Ketika anda tengah menjalin satu kerja sama serta pertemanan
dengan rekan kerja anda dari divisi lain, maka hal tersebut akan sangat berguna
bagi anda untuk melancarkan pekerjaan anda saat ini. Mungkin juga anda bisa
meluangkan waktu anda sejenak hanya untuk makan siang sebentar bersama atau
pulang bareng sepulang kerja untuk menjalin kekompakkan.
5. Delegasi
Ketika anda berada di dalam situasi bekerja, jangan pernah
sekalipun anda meragukan setiap potensi yang dimiliki oleh rekan kerja anda.
Dengan begitu, anda bisa mendelegasikan tugas serta pekerjaan anda bisa
diselesaikan lebih cepat. Memang salah satu tujuan dari delegasi tugas anda
tersebut kepada bawahan anda untuk mengurangi stres. Walaupun demikian, anda
harus tetap mendampingi mereka agar tidak timbulnya kesalahan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar