Kriteria Suatu Keberhasilan

Dalam suatu forum pertemuan , ada salah seorang peserta bertanya tentang kriteria orang yang sukses. Untuk memudahkan pemahaman penanya tersebut,  saya menjawab, bahwa kriteria kesuksesan hidup seseorang itu minimal harus memiliki 4 (empat) K, yaitu: Kesehatan, Kekayaan, Kebahagiaan, dan Kehormatan. Penjelasan keempat hal tersebut adalah sebagai berikut.

Kriteria pertama orang yang sukses, adalah memiliki kesehatan yang baik. Kesehatan sangat penting dalam hidup seseorang. Ada ungkapan menyatakan: “Kesehatan bukanlah segalanya, tapi tanpa kesehatan segalanya menjadi tidak bermakna”. Kesehatan ini merupakan karunia Allah yang harus dijaga dan dipertahankan melalui pola hidup sehat dan menghindarkan diri dari hal-hal yang merusak kesehatan. Ada yang menyatakan bahwa sumber penyakit itu ada berbagai macam, namun yang paling utama adalah bersumber pada pikiran, makanan dan keseimbangan kegiatan.

Apabila manusia mampu mengendalikan pikiran dan pola makannya, serta menyeimbangkan aktivitas fisik dan pikirannya,  maka ia akan lebih berpeluang terhindar dari penyakit. Dengan demikian, orang yang sukses dimulai dari kemampuan mengatur diri, makanan, pikiran, dan kegiatannya. Dengan kesehatan ini ia akan dapat meraih kriteria kesuksesan lainnya.

Kriteria kedua adalah kekayaan, atau kalau mau diperhalus adalah kecukupan. Dalam hidup ini, pada semua aspeknya membutuhkan uang. Mau menikah, memiliki rumah, membesarkan anak, memberikan pendidikan yang baik, dan sebagainya tentu membutuhkan uang. Demikian pula dalam aspek keagamaan. Rukun Islam mengenai Zakat dan Ibadah Haji, hanya akan terlaksana apabila seseorang memiliki kekayaan. Tanpa kekayaan orang tidak akan bisa menyempurnakan rukun keberagamaannya. Bahkan Rasulullah jelas-jelas menekankan “ Tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah”. Hal ini berarti seorang yang kaya dan dermawan tentu lebih baik daripada seorang yang tidak punya apa-apa.

Kriteria ketiga adalah kebahagiaan, khususnya dalam keluarga. Orang yang sukses, yang bisa tampil gagah di luar rumah, idealnya memiliki keluarga yang harmonis dan berbahagia. Tanpa kebahagiaan dalam keluarganya, seseorang tidak akan bisa leluasa bergerak di luar rumah. Problema rumah tangganya, pasti akan terbawa dan sulit disembunyikan ketika dirinya tampil dihadapan bawahan atau di depan publik. Bagi seorang laki-laki bahkan ada ungkapan: Di balik kesuksesan seorang pria, pasti ada wanita yang hebat di belakangnya“.

Begitu pentingnya kebahagiaan keluarga, sehingga orang yang ingin sukses pasti akan membina keluarga dengan sangat hati-hati dan penuh perhitungan. Sejak memilih calon pasangan, seorang yang ingin sukses tidak sekedar menurutkan perasaan. Ia memutuskan dengan penuh pertimbangan, sehingga kemudian tidak terjadi penyesalan. Kemudian ia menempatkan diri sebaik-baiknya dalam keluarga itu, dan bertanggung jawab penuh atas terwujudnya kebahagiaan keluarganya. Ia rela mengalah, mengaku bersalah di hadapan pasangannya, yang penting keluarganya utuh dan ia bisa pergi ke luar rumah tanpa dibekali perasaan gundah.

Kriteria keempat adalah kehormatan. Maksudnya orang yang sukses pastilah menjadi orang yang dihormati di keluarga, di lingkungan tempat tinggalnya, di lingkungan kerjanya, dan bahkan dalam pergaulan yang lebih luas. Seorang yang sukses memiliki kolega dan relasi yang luas, dan semua kolega dan relasinya itu mengenalnya sebagai sosok pribadi yang baik, disukai dan dihormati. Ini semua tentu terbangun berkat budi pekerti yang baik. Orang seperti ini pasti rendah hati dan tidak sombong, pemaaf, suka menolong, dermawan, dan tidak membeda-bedakan kedudukan orang lain.  Dengan sikapnya ini maka akan terwujudlah janji Rasulullah, yaitu” “Tidaklah seseorang tawadlu (rendah hati) karena Allah, melainkan Allah Ta‘ala mengangkat derajatnya”

(Dr. Rahmat Hariyadi, M. Pd)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar