Cara Menemukan Ketenangan Batin

Cari Ketenangan Batin dengan Meditasi, Bagaimana Memulainya? -  TribunNews.com 

Setiap manusia tidak ada yang tidak mempunyai masalah hidup, terlepas dari segala aspek status maupun derajatnya. Terkadang masalah tersebut bisa membuat kita menjadi stres atau bahkan akhirnya menjadi sakit, namun jika kita pandai untuk mengelolanya dengan baik masalah tersebut justru bisa menjadi sesuatu pelajaran yang sangat berguna untuk kita.

Pahitnya kehidupan adalah layaknya segenggam garam, jumlah rasa pahit itu sama dan memang akan sama, tetapi pahit yang dirasakan tergantung dari wadah yang kita miliki . Kepahitan itu didasari dari perasaan tempat kita meletakan segalanya. Jadi, saat Kita merasakan kepahitan dan kegagalan hidup, cuman satu yang bisa kita lakukan, lapang dada untuk menerima semua kenyataan. luaskan hati buat nampung kepahitan itu.

“hatimu adalah wadah itu. perasaanmu adalah tempat itu. kalbumu adalah tempat kamu menampung segalanya. jangan jadikan hati kamu kaya gelas, buat seluas telaga yang mengubah semua jadi kesegaran dan kebahagiaan.”


6 tips untuk mendapatkan ketenangan hati semoga bermanfaat :

1. Mandiri
Manusia makhluk sosial memang benar, tapi tidak bergantung selalu dengan orang lain. Itulah sikap mandiri, mampu melakukannya dengan pribadi sendiri. Sekuat mungkin kita lakukan sendiri, karna kalau sudah bergantung dengan orang lain tapi ketika orang lain tidak bisa, maka kecewa yang kita telan mentah-mentah, akhirnya banyak penyakit hati yang menular.

2. Jangan berburuk sangka, berpikirlah positif
Belajar melatih pola pikir positif bisa dari orang-orang terdekat, biasanya orang yang sulit berpikir positif orangnya akan selalu gelisah. Nah, mendekatlah dengan lingkungan atau teman yang berpikiran positif. Apabila pikiran negatif muncul, segara katakan, “HARUS POSITIF!” kalau perlu sampai bersuara.

3. Jangan terlalu banyak memikirkan masalalu
Hapus, buang dan lupakan! Itu cara mudah dan cepat untuk tidak terbelit masa lalu. Kalau kamu bukan tipe orang yang mudah mengingat. Jangan simpan benda atau text kenangan kamu, karna bisa memudahkan kamu untuk tenggelam.

4. Hati-hati sama dendam
Biasanya kalau punya masalah hati dengan seseorang, penyakit hati ini gampang menyerang. Cegah sebelum menjalar ke otakmu! Karna dendam akan selalu membuatmu tidak tenang dan merasa diawasi oleh lawanmu.

5. Hindari kata PANIK!
Panik akan memacu kamu untuk melakukan hal terburu-buru tanpa berpikir dahulu. Kebanyakan panic berakibat tidak baik.

6. Don’t Worry
Apapun yang terjadi pasrahkan sama Tuhan, dan kamu harus percaya kalau Tuhan akan selalu kasih yang terbaik buat kita. Tapi kok menurut kita buruk? Buruk hanya anggapan kamu saja, terkadang banyak pelajaran didalamnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar