Berbicara adalah Amunisi Manusia

5 Tips agar Berani Berbicara di Depan Umum Halaman 1 - Kompasiana.com 
 
Berbicara merupakan kemampuan dasar yang dimiliki manusia sejak lahir, tugas kita adalah memanfaatkan kemampuan tersebut menjadi sebuah seni yang mampu mengubah dunia sebagai mana yang dikatakan oleh Nelson Mandela "The Most Powerful Weapon is not Violence but it si Talking to People". Senjata terkuat bukanlah kekerasan melainkan bagaimana kita berbicara kepada orang lain.

Selain itu berbicara merupakan kemampuan interpesonal dasar yang artinya adalah kemampuan untuk mengenali, merespon secara layak perasaan, sikap dan perilaku, motivasi serta keinginan orang lain. Bagaimana seorang mampu membangun hubungan harmonis dengan memahami dan merespon manusia atau orang lain  merupakan bagian dari kemampuan interpesonal.

Untuk membangun hubungan harmonis dengan orang lain, seseorang harus menguasai kemampuan dan ketrampilan dalam mengenali dirinya sendiri terlebih dahulu, kemudian baru ketrampilan dalam mengenali orang lain, ketrampilan untuk mengekpresikan diri secara jelas, cara merespon, cara menyampaikan pesan dan maksud, cara bernegosiasi dan menyelesaikan konflik, cara berperan dalam tim dan masih banyak lagi.


Kemampuan interpesonal diperlukan karena manusia adalah mahluk sosial, dan dalam hidup bersosial ini munculah kebutuhan untuk memahami kebutuhan manusia lain, maka timbulah komunikasi antara manusia. Kemampuan berkomunikasi ini sangat mempengaruhi cara seseorang mempersepsikan dirinya sendiri. Jika memiliki kemampuan interpesonal yang tinggi, hal pertama yang dirasakan adalah kuatnya rasa percaya diri, sehingga akan dihargai orang lain.dan pada akhirnya akan dapat membangun hubungan yang harmonis dengan orang lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar